0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Usai Beraksi, Duo Jambret Diringkus Polisi

Dua tersangka penjambretan menjalani pemeriksaan polisi (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Aparat kepolisian dari Polresta Solo menangkap dua orang residivis kasus penjambretan di wilayah Kota Bengawan, Selasa (12/4). Keduanya ditangkap usai menjalankan aksi mereka di kawasan Perumnas Mojosongo, Jebres.

“Kami amankan dua orang pelaku dari dua lokasi yang berbeda, yakni di kawasan Notosuman, Serengan, Solo, dan di kawasan Cemani, Grogol, Sukoharjo. Keduanya ditangkap tanpa perlawanan dengan barang bukti yang belum sempat dijual,” ungkap Wakapolres Solo AKBP Hariadi, Rabu (13/4).

Aksi ini berawal saat kedua pemuda pengangguran yakni AP alias Oka dan AW alias Plentung berniat hendak melakukan aksi mereka. Mereka berboncengan sepeda motor dan beroperasi untuk mencari sasaran penjambretan.

Sesampai di kawasan Mojosongo, keduanya melihat seorang perempuan yang membawa sebuah tas. Perempuan itu tengah menghentikan sebuah taksi sambi melambaikan tangan. Tak membuang waktu, keduanya menghampiri wanita itu dan merampas tas dari tangannya. Oka dan Plentung kemudian kabur ke arah barat.

Sebelum aksi ini, keduanya juga pernah terlibat aksi penjambretan di kawasan Perumahan Fajar Indah, dengan barang bukti sebuah kalung emas.

Dalam aksinya, kawanan jambret ini bisa beroperasi secara perorangan maupun berkelompok. Hal ini dibuktikan dengan pengakuan tersangka Oka dan Plentung yang kerap berganti pasangan jambret. Hal ini dilakukan untuk mempersulit petugas dalam mengidentifikasi pelaku dan barang bukti.

Akibat perbuatannya tersebut, keduanya dikenakan pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan, dengan ancaman hukuman paling lama sembilan tahun penjara.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge