0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ijazah 925 Siswa SMK di Solo Ditahan Sekolah

dok.timlo.net/gg
Ilustrasi blanko ijazah (dok.timlo.net/gg)

Solo — Sebanyak 925 ijazah siswa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Solo tertahan di kantor sekolah. Ijazah yang tertahan ini dari angkatan 2013 hingga 2015 kemarin.

“Kami juga baru diberitahu dalam rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Solo  beragendakan evaluasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota tahun 2015 di ruang Banggar, Rabu (13/4) kemarin,” terang Ketua Komisi IV DPRD Kota Solo  Hartanti, Kamis (14/4).

Berdasarkan paparan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, kata Hartanti menumpuknya ijazah ini rata-rata lantaran belum terpenuhinya syarat administrasi hingga masalah pribadi lainnya. Disdikpora diminta supaya segera menyelesaikan persoalan tersebut dan menyerahkan ijazah kepada para siswa yang bersangkutan.

“Ada juga ijazah yang dari tahun 1998 belum diambil sampai sekarang. Padahal ini penting bagi mereka. Buat apa sekolah, kalau gak memiliki ijazah,” terang politikus PDIP tersebut.

Tak hanya itu, Hartanti juga mendesak baik pihak sekolah maupun masyarakat untuk turut pro aktif dalam mengurus persoalan ijazah yang tertahan di sekolah. Pihak sekolah dapat menghubungi pihak keluarga maupun sebaliknya.

Sementara itu, Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Solo YF Soekasno meminta pihak sekolah untuk segera menyerahkan ijazah meski siswa yang bersangkutan belum melunasi biaya administrasi. Penyerahan ijazah tersebut cukup mendesak lantaran kewenangan SMA/SMK akan berada di ranah provinsi mulai tahun depan.

“Terlebih bagi siswa yang masuk kategori keluarga tidak mampu kami harap tidak dipersulit masalah biaya,” tegasnya.

Data ijazah yang masih ditahan di sekolah:

  1. SMKN 1 : 113
  2. SMKN 2 : 67
  3. SMKN 3 : 59
  4. SMKN 4 : 92
  5. SMKN 5 : 104
  6. SMKN 6 : 72
  7. SMKN 7 : 228
  8. SMKN 8 : 50
  9. SMKN 9 : 140

Total : 925

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge