0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kelurahan Bumi Usulkan Jalan Samanhudi Jadi Satu Arah

dok.timlo.net/achmad khalik
Skema penerapan rute jalan satu arah di Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Warga Kelurahan Bumi mengusulkan Jalan KH Samanhudi dijadikan satu arah untuk mengurangi kepadatan di ruas jalan tersebut. Sejak diterapkannya Sistem Satu Arah (SSA) di tiga ruas Jalan Dr Radjiman, Perintis Kemerdekaan, dan Agus Salim, Jalan K H Samanhudi menjadi sasaran pengguna jalan dari arah Barat yang mencari jalur alternatif ke pusat Kota Solo.

“Yang dulu biasanya lewat Jalan Dr Radjiman kan banyak yang ambil jalan pintas lewat situ,” kata Lurah Bumi, Herwin Nugroho, Rabu (13/4).

Setelah berdiskusi dengan warga, ia menerima usulan sebagian kalangan untuk mengubah jalan tersebut menjadi satu arah ke Timur. Dengan demikian, beban jalan bisa berkurang. Selain itu, bila diubah menjadi satu arah, resiko kecelakaan di jalan yang padat lembaga pendidikan itu juga dapat ditekan.

“Kenapa jalan Samanhudi yang lebih sempit justru dua arah, sementara Jalan Radjiman yang lebar satu arah. Itu yang sering dipertanyakan warga,” kata dia.

Menurutnya, mengubah jalan Samanhudi jadi satu arah juga akan meringankan beban di Jalan Slamet Riyadi. Sebab, pengguna jalan dari arah Barat akan memilih lewat jalan tersebut daripada Jalan Slamet Riyadi yang lebih jauh.

Tak hanya mengusulkan agar diubah satu arah, warga juga meminta agar jalan tersebut diperlebar atau setidaknya dibuatkan trotoar. Pasalnya, di jalan Samanhudi ada setidaknya lima lembaga pendidikan dan Sekolah Dasar. Adanya trotoar dinilai memberi keamanan untuk siswa yang berangkat dengan berjalan kaki.

“Lembaga pendidikan itu kebanyakan di utara jalan. Kalau tidak memungkinkan trotoar di kanan kiri jalan, paling tidak di utara jalan,” imbuhnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge