0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

29 Minimarket Disegel Bertahap

dok.timlo.net/humas pemkab klaten
Bupati Klaten Sri Hartini, kanan, dan Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Kesra Purwanto Anggono Cipto menyegel toko modern berjejaring bodong (dok.timlo.net/humas pemkab klaten)

Klaten – Pemkab Klaten akhirnya menyegel 29 toko modern berjejaring yang tidak mengantongi izin operasional alias bodong. Eksekusi penutupan 29 minimarket yang tersebar di 15 kecamatan ini akan dilakukan secara bertahap.

“Pada tahap pertama ini, Rabu, (13/4), kami menyegel 10 Alfamart dan Indomaret dari total 29 yang direncanakan. Kalau besok yang 19 belum selesai, akan dilakukan hingga Jumat 15 April,” ujar Kepala Satpol PP Klaten, Slamet Widodo, Rabu (13/4).

Dikatakan, penutupan toko modern berjejaring bodong itu lantaran manajemen tidak mengindahkan surat peringatan (SP) baik lisan maupun tertulis yang sudah dilayangkan. Pengelola sudah bisa membukanya kembali jika mengantongi perizinan dengan memenuhi segala persyaratan yang telah ditentukan.

Disinggung soal temuan beberapa toko modern yang melanggar jarak minimal 2,5 kilometer dengan pasar tradisional, Slamet menyerahkannya ke instansi terkait yang menerbitkan izin. Sebab jika mengacu Perda Kabupaten Klaten No. 12 Tahun 2011 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan, dan Toko Modern, memang dilarang berdiri.

“Ya tetap tidak bisa buka karena itu berkaitan dengan perizinan. Terlebih lagi dalam perda juga sudah diatur. Kami disini hanya yang menegakan peraturan, kalau masalah pembinaan dan perizinan, ada Disperindagkop dan Kantor Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (KPMT),” jawab Slamet saat dihubungi wartawan.

Selain mengatur jarak, informasi dihimpun, Perda Kabupaten Klaten No. 12/2011 menyebutkan, jam buka toko berjejaring hanya sampai pukul 23.00 WIB untuk Senin hingga Jumat. Pukul 00.00 WIB pada akhir pekan dan pukul 02.00 WIB jika bertepatan dengan libur nasional atau keagamaan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge