0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TMMD di Kemalang, 110 TNI Tidur di Rumah Warga

dok.timlo.net/aditya wijaya
Dandim 0723/Klaten, Letkol Inf Bayu Jagat (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 96 Tahap I tahun 2016 oleh Kodim 0723/Klaten akan dipusatkan di Desa Panggang, Kecamatan Kemalang. Sebanyak 110 personel akan dikerahkan dalam kegiatan yang berlangsung selama 30 hari itu.

“Ini kegiatan serentak sekitar 70 Kodim di seluruh Indonesia. Skalanya tingkat nasional, dan dinilai. Dimulai 3 Mei 2016,” kata Komandan Kodim (Dandim) 0723/Klaten, Letkol Inf Bayu Jagat, Selasa (12/4).

Dijelaskan, sasaran fisik TMMD diantaranya, betonisasi jalan sepanjang 1.595 meter, rehab tempat ibadah berupa masjid, rehab 10 unit rumah tidak layak huni (RTLH), pembangunan jamban 100 unit. Sedangkan sasaran kegiatan non fisik berupa penyuluhan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Karena skala nasional, kata Dandim, pembukaannya dilakukan oleh Bupati, sedangkan penutupannya oleh jendral bintang dua dari Mabes TNI. Selain itu, pada penutupan TMMD Tahap I Tahun Anggaran 2016 itu juga akan ditampilkan sosio drama tentang perjuangan mengusir penjajah.

“Nanti kita buat semeriah mungkin. Bahkan 110 prajurit yang diterjunkan akan menyatu dengan masyarakat, termasuk tidur di rumah penduduk berserta makan minumnya. Per hari mereka akan menerima uang makan Rp 26 ribu yang akan diserahkan ke pemilik rumah yang ditempati, serta uang saku Rp 10 ribu. TMMD sebenarnya lebih efisien dan murah ketimbang nyewa tukang yang per harinya sekitar Rp 75 ribu,” ucap Letkol Inf Bayu Jagat.

Pihaknya juga mengajak wartawan media cetak, televisi, maupun online untuk mengirimkan karya jurnalistiknya selama TMMD berlangsung.

“Nantinya ada Posko di Makodim yang akan bertugas mengawal berita-berita tentang TMMD Klaten yang dimuat di berbagai media, dan dilaporkan ke Mabes TNI,” imbuh Dandim Klaten.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge