0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Aksi Ibu-ibu Ngecor Kaki Tolak Pabrik Semen

merdeka.com
Protes keberadaan pabrik semen di Gunung kendeng, ibu-ibu ngecor kaki (merdeka.com)

Timlo.net – Sembilan perempuan asal Pegunungan Kendeng, Jawa Tengah, melakukan aksi cor kaki menolak pembangunan pabrik semen di wilayah setempat. Aksi yang dimulai pada Selasa (12/4) kemarin ini sebagai bentuk protes kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan keberadaan pabrik semen di sekitar tempat tinggalnya.

Koordinator Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK) Gunritno mengatakan aksi ini adalah bagian dari komitmen untuk terus menyampaikan suara kebenaran dari rakyat Kendeng yang pernah disampaikan 1 tahun lalu di tempat yang sama yaitu depan Istana Negara. Hingga saat ini, nasib warga Kendeng masih sama dengan satu tahun yang lalu di mana belum menemukan titik terang atas persoalan yang dihadapi.

“Karena itu kami aksi kembali mengingatkan dan mengetuk kembali para penguasa negeri dan bapak/ibu kami di negara ini. Kepada siapa mengadu kalo bukan kepada bapak/ibu kami sendiri,” ujar Gunritno, Rabu (13/4).

Dia menuturkan, melalui aksi ini warga Kendeng ingin menagih janji Presiden Jokowi untuk rakyat kecil sebagaimana yang telah dituangkan dalam Nawa Cita yaitu membangun dari pinggiran (desa). Warga Kendeng membutuhkan perairan untuk kelangsungan pertanian dan kehidupan yang berkelanjutan.

“Kami tidak butuh semen kami butuh tanah dan air untuk pertanian kami, untuk kehidupan kami dan untuk anak cucu kami sekarang dan akan datang,” ungkap Gunritno.

Dalam aksinya, jelas Gunritno, ibu-ibu sengaja menyemen kaki mereka sebagai simbol nasib rakyat sekitar gunung kendeng sekarang ini. Karena pabrik semen bukan hanya menghancurkan lingkungan dan sumberdaya alam, pertanian, sumber mata air tetapi juga membelenggu hidup di masa akan datang.

“Jika ruang hidup kami hancur dan rusak, bukan hanya hidup kami sekarang yang terancam juga masa depan anak cucu kami juga terancam,” jelasnya.

[eko]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge