0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Alibaba Investasi ke Lazada Senilai $1 Milyar

Kantor Lazada di Indonesia. (Dok: Timlo.net/ TechInAsia.)

Timlo.net—Alibaba mengumumkan kemarin (12/4) jika mereka membeli saham di Lazada senilai $1 milyar. Lazada dianggap sebagai department store online dengan pertumbuhan paling cepat dan sebagai tandingan Alibaba dan Amazon di Asia Tenggara. Lazada sendiri tersedia di Singapura, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam.

Dalam sebuah pernyataan, Alibaba berkata bentuk investasi tterdiri dari investasi baru senilai $500 juta dan pembelian saham dari para pemilik saham lain yang sudah ada dengan nilai total $1 milyar. Valuasi total Lazada saat ini senilai $1,5 milyar, kata pendirinya, Rocket Internet dalam pernyataan terpisah. Selain Rocket, perusahaan startup dari Berlin, investor Lazada lainnya seperti Tesco dan Kinnevik Investment juga menjual beberapa sahamnya ke Alibaba.

Kesepakatan ini akan membuat usaha Alibaba untuk berekspansi ke luar negeri lebih mudah. Alibaba sendiri berencana untuk memperoleh setengah dari penghasilan mereka dari wilayah Asia Tenggara.

“Dengan investasi di Lazada, Alibaba bisa memperoleh akses ke sebuah platform dengan basis pengguna yang besar dan bertumbuh di luar Cina, sebuah tim manajemen yang terbukti dan fondasi yang solid untuk pertumbuhan di masa depan di salah satu wilayah paling menjanjikan untuk eCormmerce secara global,” kata presiden Alibaba Michael Evans.

“Asia Tenggara adalah pasar konsumen yang berbasis seluler yang sangat terfragmentasi dan bervariasi dengan penghalang-penghalang signifikan untuk dimasuki dan sektor ritel modern yang baru lahir yang memiliki banyak ruang untuk bertumbuh,” tambah CEO Lazada Group Max Bittner.

“Transaksi ini akan menolong kami untuk mempercepat tujuan kami untuk menyediakan 560 juta pembeli di wilayah itu akses ke produk-produk yang paling luas dan unik. Lebih jauh, memanfaatkan pengetahuan dan teknologi Alibaba akan menolong kami mengembangkan layanan kami lebih cepat dan menyediakan pengalaman menjual dan berbelanja yang lebih mudah,” tambahnya.

Kesepakatan ini juga meliputi sebuah ketentuan untuk Alibaba untuk mengakuisisi sisa saham Lazada dengan nilai pasar yang adil dalam kurun waktu 12 hingga 18 bulan setelah transaksi ditutup. Rilis pers Rocket menyatakan jika mereka masih memiliki saham senilai 8,8 persen di Lazada.

Sumber: TechInAsia

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge