0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

STIE AUB Surakarta Nguri-Uri Budaya Jawa

dok.timlo.net/tyo eka
HUT PLKJ STIE AUB Surakarta (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — STIE AUB Surakarta merupakan salah satu perguruan tinggi yang selalu nguri-nguri budaya Jawa.

“Karena itu STIE AUB Surakarta mendirikan Pusat Latihan Kebudayaan Jawi (PLKJ) pada 44 tahun silam oleh Dr (HC) MA Tukidjo Martoatmodjo Maha Widayatama. Tepatnya pada tanggal 10 April 1972,” ungkap Ketua Presidium PLKJ Anwar Hamdani kepada wartawan, di Kampus STIE AUB Surakarta, Rabu (13/4).

Anwar mengungkapkan, PLKJ sudah banyak berkiprah dalam dunia kebudayaan dan nguri-nguri kebudayaan Jawa, melestarikan ataupun membudayakan budaya-budaya, khususnya di Solo, baik di bidang kesenian maupun di bidang yang lain.

Tujuan dari pendirian PLKJ sendiri didasari oleh banyaknya kebudayaan yang punah, dengan cara PLKJ setiap tahun memberikan penghargaan PLKJ Awaeds kepada masyarakat yang nyata melestarikan budaya yang ada di Jawa pada umumnya khususnya di Solo.

Menurut Anwar, sudah banyak PLKJ Awards yang diberikan kepada para tokoh Jawa. Bahkan banyak tokoh dari luar negeri mendapat PLKJ Awards karena kepeduliaanya terhadap budaya Indonesia di negara masing-masing.

Sementara itu, dalam rangka memperingati hari ulang tahun PLKJ ke 44 bertempat digedung Garuda Graha diadakan doa bersama dan pemotongan tumpeng yang dilakukan Ketua Pembina Yayasan Karya Dharma Pancasila Frensi Tutanto dan diberikan langsung kepada Ketua Presidium PLKJ KRA  Anwar Hamdanidiningrat.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge