0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waduh, Masih Banyak Makanan Berbahaya di Pasar Tradisional

Hati-hati dalam memilih makanan, khususnya jajanan yang dijual di sekitar sekolah, karena dikhawatirkan mengandung zat berbahaya. (dok.timlo.net/nanin)

Sukoharjo — Tim dari Puskesmas Gatak, masih menemukan makanan yang mengandung zat berbahaya beredar bebas di pasar tradisional. Dari hasil pengambilan 15 sampel makanan, ada enam jenis makanan yang bahan berbahaya tak layak konsumsi manusia.

“Kita sudah melakukan sidak di pasar tradisional dan hasilnya cukup mengejutkan, dari 15 sampel jenis makanan yang kita curigai, ada enam yang positif mengandung zat berbahaya,” kata Kepala Puskesmas Gatak, Tri Prasetyo, Selasa (12/4).

Keenam jenis makanan tersebut setelah dilakukan uji lab positif mengandung formalin dan zat kimia berbahaya. Dan rata-rata makanan yang mengandung formalin dan boraks adalah jajanan tradisional yang sering diminati masyarakat.

Dengan kondisi seperti ini, masyarakat dihimbau untuk lebih berhati-hati dan selektif dalam memilih bahan makanan yang akan dikonsumsi. Makanan dengan warna lebih mencolok atau terlalu cerah dan teksturnya terlalu kenyal wajib dihindari.

“Kita sudah berpaya untuk meminimalisir beredarnya makanan yang mengandung bahan berbahaya, dengan melakukan sosialisasi makanan berbahaya kepada para pedagang jajanan keliling,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge