0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perkuat Ikon, Patung Soekarno Dibangun Dekat Terminal Klaten

Soekarno (dok.merdeka.com)

Klaten — Pemkab Klaten berencana membangun patung presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno. Sosok patung bapak proklamator itu akan berdiri di dekat Terminal baru Klaten yang juga memiliki kesamaan nama di Kelurahan Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah.

“Lokasinya berada di pertigaan yang tidak jauh dari terminal Ir Soekarno. Tahap lelang masih surat penunjukan penyedia barang/jasa,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan dan Kebersihan DPU ESDM Klaten, Anwar Shodiq, Selasa (12/4).

Saat ini rencana pembangunan patung sudah masuk dalam tahap lelang yang tercantum dalam layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) dengan nilai pagu Rp 460 juta. Dijadwalkan, patung Ir Soekarno akan rampung pada awal Juni 2016.

Untuk pengerjaannya, kata dia, akan dilakukan di Yogjakarta. Pasalnya, patung berketinggian sekitar 4,75 meter ini bahan utamanya berasal dari perunggu yang pengerjaannya hanya bisa dikerjakan oleh orang tertentu.

“Nanti kita tinggal pasang saja patungnya di lokasi. Kalau posisinya patung Ir Soekarno sementara ini berdiri sambil menunjuk. Tapi saya juga masih ngirim surat ke Telkom karena di lokasi yang dibangun ada kabel yang belum dipindah,” kata Sodiq.

Ditambahkan, patung dibangun untuk memperkuat ikon Ir Soekarno yang juga menjadi nama jalan sekaligus nama terminal di kawasan tersebut.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge