0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lakukan Penghijauan, DKP Pasang Pot di Median Jalan Adi Sucipto

timlo.net/achmad khalik
Sejumlah pot yang dipasang di sepanjang media Jalan Adi Sucipto (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Inovasi baru dilakukan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Solo dalam melakukan penghijauan. Yakni dengan cara memasang pot bunga di median Jalan Adi Sucipto. Selain untuk melakukan penghijauaan, upaya ini juga untuk menghalau pengemis maupun pengamen yang memanfaatkan median jalan untuk mengais rejeki.

“Kami pasang di wilayah tertentu. Tujuannya untuk menghalau pengemis serta melakukan penghijauan. Sehingga, tidak monoton hanya semen saja,” kata Kepala DKP Surakarta, Hasta Gunawan, Selasa (12/4).

Terkait bentuk atau model pot yang digunakan, Hasta mengaku, pot akan disangga oleh tiang setinggi 1 hingga 1,5 meter. Tiap tiang, membawa tiga pot yang rencananya akan ditanami bunga. Dalam seminggu sekali, nantinya bunga dalam pot tersebut akan dirawat supaya tetap tumbuh dan tidak mati.

“Saat ini, kawasan median Jalan Adi Sucipto terlebih dahulu. Nanti bisa kawasan lain,” kata Hasta.

Penghijauan ini dipilih, lantaran untuk mengantisipasi taman rusak yang diinjak oleh masyarakat. Sejauh ini banyak taman-taman ditengah jalan itu rusak akibat di injak-injak oleh pengemis dan pengamen yang sering nongkrong di sekitar taman. Maka dari itu, pihaknya memilih solusi tersebut untuk diterapkan.

Sebenarnya, lanjut Hasta pot bunga di media Jalan Adi Sucipto itu merupakan pindahan dari Jalan Museum. Rencananya, di Jalan Museum akan diganti dengan pohon yang lebih besar tidak pakai pot lagi.

“Nantinya menyusul kawasan Sekarpace, Jebres dan Halaman Benteng Vastenburg,” ungkap Hasta.

Sementara, salah seorang warga Agus (36) mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemkot Solo dalam upaya penghijauan. Dirinya tidak sabar untuk segera melihat hasil akhir dari inovasi yang dilakukan tersebut.

“Kalau mau diberi pot tengah jalan seperti itu bagus juga,” kata pedagang buah di kawasan Jalan Adi Sucipto tersebut.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge