0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

La Nyalla Menang, Kemenpora Hormati Putusan Hakim

merdeka.com
Gatot S Dewa Broto (merdeka.com)

Timlo.net – Hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya mengabulkan gugatan praperadilan tersangka La Nyalla Mahmud Mattalitti atas kasus korupsi Kadin Jawa Timur (Jatim). Menanggapi hal tersebut, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan menghormati putusan praperadilan.

“Kami hormati proses dan putusan praperadilan tersebut,” ujar Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, Selasa (12/4).

“Ini menunjukkan bahwa sejak semula memang Kemenpora tidak ada kepentingan apapun dalam masalah tersebut,” sambungnya.

Sebelumnya, hakim Pengadilan Negeri Surabaya, Ferdinandus, mengabulkan permohonan yang diajukan La Nyalla. Ini berarti, status tersangka yang disematkan pada La Nyalla otomatis gugur.

Menurut Hakim Ferdinandus, dalam kasus dana hibah Kadin Jatim untuk pembelian saham pada Initial Public Offering (IPO) Bank Jatim tahun 2012, menyatakan bahwa tidak ada lagi kerugian negara dalam perkara ini.

Ia mengutip keterangan saksi ahli Dr M Arif Setiawan dari Universitas Islam Indonesia (UII) Jogjakarta, yang menyatakan bahwa kerugian negara dalam kasus tindak pidana korupsi tidak bisa dianggap menjadi kerugian negara apabila sudah dikembalikan sebelum proses penyidikan.

“Untuk perkara dana hibah Pemprov Jatim kepada Kadin Jatim sudah tidak relevan dan tidak mungkin dibuka kembali,” kata Hakim Ferdinandus dalam salah satu pertimbangannya.

Hakim Ferdinandus juga mengutip keputusan sidang Praperadilan sebelumnya yang diajukan Diar Kusuma Putra dimana hasil sidang menyatakan perkara penyalahgunaan dana Hibah Pemprov Jatim kepada Kadin Jatim dinyatakan nebis in idem atau sama dengan kasus sebelumnya sehingga tidak bisa disidik lagi.

La Nyalla melakukan perlawanan atas penetapan dirinya sebagai tersangka pembelian saham IPO Bank Jatim sebesar Rp 5,3 milliar. Ia dinilai menggunakan dana hibah yang dikucurkan Pemprov Jatim ke Kadin pada tahun 2012 lalu.

(den/dzi)

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge