0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengantar Surat di Kampus UNS Gunakan Sepeda Listrik

dok.timlo.net/tyo eka
Sepeda listrik hasil karya Tim Fakultas Teknik UNS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Petugas Caraka atau pengantar surat di lingkungan kampus Universitas Sebelas Maret (UNS), Kentingan, Jebres, Solo untuk berkeliling ke fakultas menggunakan sepeda listrik. Sepeda listrik tersebut merupakan hasil karya Tim Fakultas Teknik UNS.

“Sebanyak 13 sepeda listrik kami serahkan kepada petugas Caraka untuk digunakan sebagai sarana mengantar surat dari fakultas ke fakultas-fakultas atau ke gedung lain di lingkungan UNS,” ungkap Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi kepada wartawan, di sela-sela penyerahan sepeda listrik, di halaman Rektorat UNS, Solo, Selasa (12/4).

Penggunaan sepeda listrik oleh para pengantar surat, menurut Ravik, merupakan langkah UNS untuk mendukung program green campus. “Apalagi kami kini tengah mendengung-dengungkan green campus,” ujarnya.

Sementara itu, Prof Kuncoro Diharjo, salah seorang Tim Peneliti Sepeda Listrik FT UNS mengungkapkan, pembuatan sepeda listrik dimulai dari riset pada tahun 2015 lalu. Sepeda listrik ini menggunakan sumber energi dari baterai. Jika di isi penuh, sepeda listrik ini bisa menempuh jarak 25 Km sampai 30 Km.

“Sekali di-cas memakan waktu selama dua jam, dan hasilnya bisa untuk berkeliling di lingkungan kampus UNS dengan kecepatan 30 Km perjam,” ujarnya.

Untuk perawatan sepeda listrik, menurut Kuncoro, sangat mudah karena mesin berada di depan. Untuk jalanan tanjakan, tidak akan berat lantaran baterai sudah diatur untuk berakselerasi.

“Namun mesin dan baterai ini masih impor. Sedangkan untuk struktur bodi dibuat sendiri. Harga per-unit kami patok Rp 8,5 juta,” aku Kuncoro.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge