0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sehat Sutardja, Orang Indonesia yang Jadi Milyuner di AS

Dok: Timlo.net/ Forbes.com
Sehat Sutardja. (Dok: Timlo.net/ Forbes.com)

Timlo.net—Salah satu orang Indonesia yang sukses di dunia adalah Sehat Sutardja. Pria berusia 51 ini masuk ke dalam daftar orang terkaya ke-891 sedunia oleh Forbes World’s Richest People 2007 dengan kekayaan 1 miliar dollar AS. Sementara perusahaan yang didirikannya, Marvel Technology masuk ke dalam daftar Forbes 400 Best Big Company.

Sehat Sutardja adalah salah satu pendiri dan Chairman of the Board di Marvell Technology Group. Perusahaan ini adalah perusahaan yang terlibat dalam segmen industri termasuk penyimpanan data, teknologi seluler dan smart TV. Perusahaan ini dikenal untuk produk semikonduktor. Bahkan Marvell pernah menjadi pembuat desain semikonduktor terbesar ketiga di dunia.

Sehat Sutardja (Zhōu Xiùwén) lahir pada 1961 di Indonesia, dari keluarga Indonesia Cina. Ketertarikannya terhadap dunia elektronik dimulai sejak awal. Dia menjadi teknisi radio bersertifikat di usia 13 tahun dan sudah mendesain komponen dan sistem semenjak itu.

Sutardja lulusan dari SMA Kanisius di Jakarta, pada 1980. Dia tiba di Amerika Serikat (AS) pada 1980 dan memperoleh gelar Bachelor of Science di jurusan ilmu rekayasa elektronika dari Iowa State University dan menyelesaikan gelar Master of Science dan Doctorate di bidang rekayasa elektronika dan ilmu komputer dari University of California, Berkeley, AS. Saat kuliah di Berkeley, Sutardja bertemu dengan istrinya Weili Dai di sebuah lift di kampus.

Sebelum mendirikan perusahaan Marvell, Sehat bekerja di Micro Linear Corps dan Integrated Information Technology. Pada 1995 dia bersama istrinya Weili Dai dan adiknya Pantas Sutardja mendirikan Marvell di meja dapur.

Walaupun sukses, Sehat mengaku jika dia bergelut di bidang elektronika bukan karena uang. “Saya merasa tidak terlalu penting (masuk dalam kelompok orang terkaya di dunia), tidak saya pikirkan. Saya masuk ke dunia elektronik bukan untuk uang. Kegembiraan datang ketika saya dapat memecahkan persoalan baru,” kata Sehat kepada KompasTV tahun 2011.

Sebenarnya orang tuanya sangat berharap Sehat menjadi seorang dokter. Tapi sejak sekolah dasar, Sehat tertarik menggeluti bidang eletronik. Minatnya itu muncul sejak dia menemukan buku Fisika milik saudaranya.

“Hal inilah yang saya lakukan saat masih muda: saya percaya saya ingin belajar elektronik, walaupun apa yang orang katakan pada saya saat itu,” ujar Sehat kepada majalah Forbes.

Berbekal tekadnya yang sungguh-sungguh untuk menggeluti dunia yang diminatinya sejak sekolah dasar, Sehat Sutardja meraih keberhasilan. Sehat sendiri meraih berbagai penghargaan, misalnya pada 2004, dia menerima Ernst & Young Entrepreneur of the Year award dalam kategori komunikasi dan jaringan. Pada 2006, dia memperoleh penghargaan the Inventor of the Year oleh the Silicon Valley Intellectual Property Law Association. Masih banyak lagi penghargaan yang diterimanya.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge