0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Klaten dan Kejari Kerjasama Penangangan Perdata TUN

Bupati Klaten Sri Hartini (2 dari kiri), bersama Kepala Kejaksaan Negeri Klaten Sugeng Hariadi, menunjukkan berkas penandatanganan kerjasama bidang hukum perdata dan tata usaha negara (dok.timlo.net/aditya wijaya)
Klaten — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang penanganan perkara bidang perdata dan tata usaha negara (TUN). Penandatanganan MoU berlangsung di Pendopo Pemkab Klaten, Selasa (12/4).
“Penandatanganan MoU ini didasari atas situasi dan kondisi yang mengarah pada perbedaan pandangan dan kepentingan yang sangat rawan gesekan sosial sehingga mengarah pada pelanggaran hukum,” kata Bupati Klaten Sri Hartini, Selasa (12/4).
Dengan kerja sama ini, diterangkan, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dapat melakukan konsultasi sebelum dan saat pelaksanaan kegiatan sesuai peraturan perundangan yang berlaku. Sehingga kedepan tidak ada lagi keragu-raguan SKPD dalam merencanakan dan melaksanakan programnya.
 “Kegiatan ini tidak sekadar seremoni dan diharapkan ada komunikasi terus menerus dan langkah riil. Sehingga terwujud pemerintahan yang bersih, taat hukum dan berwibawa yang muaranya dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” terang Sri Hartini.
Sementara, Ketua Panitia Penyelenggara yang juga Sekda Klaten Jaka Sawaldi berujar, penandatanganan MoU sekaligus sosialisasi ini diikuti sekitar 580 peserta dari unsur SKPD, Camat, Kepala Desa, Kepala Unit Pelaksana Tehnis daerah (UPTD), Direktur Perusda, BUMN dan lain-lain.
“Tujuannya agar para aparatur Sipil Negara (ASN) terhindar dari jeratan hukum dalam melaksanakan program kegiatan dan pembangunan. Kejaksaan melalui Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) memiliki tugas dan fungsi mengawal keberhasilan pembangunan dan pemerintahan melaui upaya pencegahan preventif dan persuasif, terkait perencanaan, pelelangan, pelaksanaan dan pengawasan pekerjaan ASN,” ujar dia.
Area lampiran
Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge