0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jauh Dari Simpatisan, Saatnya Santoso Cs Ditangkap

merdeka.com
Komjen Pol Tito Karnavian (merdeka.com)

Timlo.net – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT ) Komjen Pol Tito Karnavian menyebut saat ini adalah waktu yang tepat untuk memukul mundur kelompok teroris Mujahiddin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Santoso. Saat ini, Santoso cs bersembunyi di atas pegunungan Napu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Gunung Napu sendiri jauh dari pemukiman simpatisan kelompok Santoso.

“Sampai saat ini posisi mereka sebagian besar ada di daerah Napu di atasnya dan itu kesempatan bagi teman-teman TNI-Polri dari sana untuk intensif melakukan pengejaran ke sana sebelum mereka kembali ke kolom lama,” kata Tito, Selasa (14/4).

“Karena di kolom lama ada simpatisannya. Tapi di kolom lama dipersiapkan beberapa kekuatan, pagar betis dan lain-lain. Kalau mereka masuk ke sana akan lebih mudah untuk ditangkap,” tambah dia.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini menganggap wajar operasi Tinombala berlangsung lama. Menurutnya, medan yang sulit menghambat pengejaran Santoso cs.

“Saya dia tahun pernah operasi di sana 2005 sampai 2007. Ratusan sudah saya tangkap, itu medannya sangat berat sekali. Dulu mereka bermain di kota sekarang mereka bermain di hutan,” ungkap dia.

Tito mengakui gunung yang saat ini menjadi persembunyian Santoso merupakan hutan yang tepat untuk melakukan gerilya. Bahkan, diakui dia, gunung Napu adalah gunung terlebat dan masih ‘perawan’.

“Saya pernah jadi Kapolda Papua dua tahun, Papua hutan terlebat di Bamboramo di daerah Asmat dll. Saya akui hutan kedua terlebat setelah daerah Bamboramo, mamropen itu adalah Sulawesi Tengah, masih perawan sekali,” jelas Tito.

[dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge