0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

91 Telur Penyu Diduga Hasil Curian Diamankan

merdeka.com
Penangkaran penyu di Pantai Sukamade (merdeka.com)

Timlo.net — Aparat Polri, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Berau dan pegiat satwa Protection of Forest & Fauna (ProFauna) Borneo area konservasi penyu Berau, menyelamatkan 91 butir telur penyu dari aksi pencurian, di pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Sabtu (9/4). Puluhan butir telur itu kini diamankan di area konservasi di Derawan.

Puluhan butir telur itu diduga baru saja dikeluarkan oleh sang induk, yang naik ke daratan untuk bertelur. Apabila tidak segera diselamatkan, telur itu berpotensi untuk dicuri dan dikonsumsi.

“Akhirnya telur itu, sekarang diamankan tim BLH di area konservasi. Diperkirakan, 55-60 hari ke depan, telur itu akan menetas menjadi tukik,” kata Kapolres Berau, AKBP Anggie Yulianto Putro, Senin (11/4).

Paska temuan telur penyu yang berada di sekitar permukiman warga itu, Anggie memberikan catatan tersendiri, untuk meningkatkan pengawasan kepolisian, di pulau Derawan. Tujuannya, untuk meminimalisir aksi pencurian telur penyu di pulau yang menjadi destinasi wisata itu.

“Ya, saya perintahkan untuk jajaran meningkatkan patroli di Derawan,” tegas Anggie.

Pada hari yang sama, kepolisian bersama BLH dan ProFauna, membicarakan serius terkait dugaan maraknya pencurian telur penyu, di hadapan masyarakat Derawan. Diantaranya, disepakati solusinya, bahwa prosesi penyu yang bertelur, menjadi tontonan bagi turis yang berkunjung ke Derawan.

“Wisatawan yang berkunjung ke Derawan, direncanakan dipungut bayaran untuk melihat prosesi penyu naik ke daratan dan bertelur. Tujuannya, untuk meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat Derawan. Rencana ini, akan dibawa pada pertemuan lanjutan, di tingkat kabupaten. Jadi, masyarakat juga berturut serta menjaga ancaman kepunahan penyu, juga mengantisipasi kemungkinan pencurian penyu,” ujar dia.

[gil]

Sumber : merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge