0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puluhan Sopir Angkutan Umum Dites Urin

Tes urin sopir di Terminal Tegalgede Karanganyar (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Belasan sopir bus antar kota antar provinsi (AKAP) jurusan Jakarta menjalani tes urin narkoba di Terminal Tegalgede, Karanganyar, Senin (11/4). Meski tidak ditemukan sopir yang positif mengkonsumi narkoba, namun tes urin akan tetap dilakukan secara acak di berbagai tempat.

“Tes tersebut bagian dari Operasi Bersihkan Sindikat Narkoba (bersinar) Candi 2016 yang digelar Polres Karanganyar selama sebulan sejak 21 Maret lalu,” kata Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Suryo Wibowo, Senin (11/4).

Sopir bus satu-satu diminta mendaftar ke pos kesehatan yang disediakan Satlantas Polres Karanganyar. Mereka kemudian diberi wadah kecil untuk urin. Selanjutnya, tim dokter polres memeriksa urin dengan alat tes pack deteksi sabu. Tak sampai satu menit hasilnya diketahui dan tidak ada yang positif.

“Tes urin dilakukan di sejumlah terminal di Karanganyar. Sehari sebelumnya, tes digelar di Terminal Karangpandan. Sejauh ini hasilnya masih nihil,” kata Kasatlantas AKP Suryo Wibowo.

Kasatlants mengimbau agar sopir angkutan umum, juga masyarakat pengguna jalan secara keseluruhan, untuk menjauhi narkoba. Menurutnya, dampak mengkonsumsi narkoba bagi sopir dapat mempengaruhi saat mengemudi. Tidak jarang, kasus kecelakaan disebabkan karena sopir habis mengkonsumsi narkoba.

”Jika ada pengguna jalan, maupun sopir angkutan umum yang diketahui memakai narkoba, tentu akan ditindaklanjuti sesuai peraturan yang berlaku,” imbuhnya.

Selain sopir bus, pihaknya juga menggelar razia terhadap kendaraan pribadi. Razia dilakukan dengan mengecek bagasi mobil maupun sepeda motor.

”Operasi akan terus kita gelar secara berkelanjutan untuk memberantas peredaran narkoba,” imbuhnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge