0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pakem Solo Mulai Bergeliat

timlo.net/ichsan rosyid
Pelatihan Citizen Jurnalism di Pakem, Selasa (5/11) lalu (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Pakem Galery, Workshop & Co-working Space yang diresmikan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo Februari lalu mulai menggeliat. Setelah hampir dua bulan berjalan, tongkrongan komunitas yang menempati lantai dua Pasar Kembang itu mulai rutin mengadakan kegiatan setiap pekan.

“Sudah sebulan ini kita rutin ada kegiatan seminggu dua kali. Meski belum terjadwal secara pasti tapi kita usahakan selalu ada event,” kata Koordinator Pakem, Budi Prajitno, Senin (11/4).

Ia menambahkan, sudah cukup banyak komunitas yang beraktifitas di Pakem. Di antaranya ada komunitas fotografi, film, video, komik, Akademi Berbagi (Akber), Earth Hour (EH), dan lain sebagainya. Bergantian, komunitas tersebut menghidupkan kegiatan di Pakem dengan pelatihan, diskusi, atau kegiatan lainnya.

Selasa (5/4) misalnya, pengelola berinisiatif mengadakan pelatihan citizen jurnalism. Kemudian di hari Jumat (8/4), Akber mengadakan pelatihan bisnis musik. Rencananya, komunitas yang bertujuan membagi pengetahuan itu akan rutin mengadakan kegiatan di Pakem minimal satu bulan sekali.

Pelaksana Harian Pakem, Ahmad Dhafir menerangkan, rencana ke depan, Pakem akan menyusun jadwal kegiatan selama satu bulan. Namun hal itu belum bisa terealisasi karena kegiatan dari komunitas belum tertata.

“Kita sendiri juga tidak mengharuskan komunitas untuk berkegiatan di sini. Konsep kita kan memang fleksibel. Tidak untuk memaksa teman-teman supaya ikut kita,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge