0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awas, BBM Dibajak Buat Minta Uang

BlackBerry World. (Dok: Timlo.net/ CrackBerry.com)

Solo — Waspadalah dalam memasukkan email dan password Blackberry Indentity kedalam ponsel anda. Sebab, akhir-akhir ini marak terjadi peristiwa pembajakan akun BBM yang lantas disalahgunakan untuk aksi penipuan, dengan meminta sejumlah uang. Aksi penipuan ini juga dimenimpa salah satu wartawan surat kabar berbahasa Inggris, Ganug Nugroho.

“Saya tidak pernah mengirimkan pesan apapun sore ini, jadi saya tidak tahu soal permintaan uang tersebut,” ungkap Ganug saat dihubungi melalui ponselnya, Senin (11/4).

Ganug menceritakan, selama ini tidak pernah bermasalah dalam menggunakan ponselnya. Hanya saja, hari ini sewaktu dirinya hendak membuka aplikasi BBM, ponsel miliknya itu nge-hang, dan meminta untuk memasukkan id BlackBerry.

“Ya saya masukkan, setelah itu justru malah aplikasinya tidak bisa digunakan sama sekali,” ungkapnya.

Usai memasukkan email dan password, sejumlah kontak dalam Blackberry Indentity itu menerima pesan untuk mengirimkan sejumlah uang ke sebuah rekening. Banyak rekan dari Ganug yang menerima pesan dengan mengatasnamakan dirinya. Pesan itu menginformasikan bahwa Ganug sedang ada masalah keuangan, dan berujung meminta transfer sejumlah uang.

“Saya dimintai uang sejumlah Rp 5 juta. Tetapi karena curiga saya mencoba menghubungi Pak Ganug, dan ternyata memang BBM-nya kebajak,” ungkap salah satu korban, Dhefi Nugroho.

Atas kejadian ini, Ganug berencana akan melapor kepada pihak kepolisian.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge