0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Toko Modern Kepung Pasar Tradisional

Satpol PP Klaten memberikan surat peringatan kedua di Indomaret yang tidak berijin di depan kompleks Pemkab Klaten (Istimewa)

Klaten — Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar Klaten tidak menampik adanya toko modern berjejaring yang lokasinya berdekatan dengan pasar tradisional. Pihaknya meminta instansi terkait untuk menindaknya sesuai Perda yang berlaku.

“Di beberapa pasar tradisional memang ada (berdekatan). Seperti di dekat Pasar Kraguman, lalu Pasar Wedi ada dua, dan di dekat Pasar Ngepos atau dekat Kodim Klaten. Bahkan jam operasionalnya ada yang 24 jam,” ujar Kepala UPTD Pasar Klaten, Didik Sudiyarto, Senin (11/4).

Berdasarkan Perda Kabupaten Klaten No 12/2011, tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern, dikatakan, radius toko modern dengan pasar tradisional seharusnya lebih dari 2,5 kilometer. Namun di sisi lain, dia mengimbau para pedagang tadisional atau toko kelontong juga kreatif dan berinovasi dalam pelayanan sehingga para pembeli tak lari ke toko-toko modern berjejaring.

“Toko modern kalau soal harga lebih mahal, tapi tempatnya bersih, lalu segmennya kelas menengah ke atas. Kalau di pasar itu harganya murah, bisa tawar menawar harga. Jadi ya perlu ditingkatkan pelayanannya. Tapi prinsipnya sesuai Perda kalau melanggar ya ditertibkan,” ucap Didik.

Hal senada juga disampaikan Anggota Komisi II DPRD Klaten, Darmadi. Menurutnya, sebagai penegak Perda, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Klaten harus segera mengeksekusi toko modern bodong yang sudah menerima surat peringatan (SP) satu hingga tiga.

“Harus ditutup. Sebelum menjamur, rekomendasi kita jangan sampai memberikan kesempatan penambahan izin kepada toko modern. Kita sepakat mengembangkan pasar tradisional maupun toko kelontong. Jangan dibiarkan setiap kali mengajukan izin diberikan, sampai tidak memiliki izin dibiarkan. Toko modern harus dibatasi,” ujar Darmadi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge