0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kunjungan Wisman ke Solo Meningkat 30,11 Persen

Kunjungan wisatawan di Pura Mangkunegaran (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Jumlah wisatawan mancanegara (Wisman) yang datang melalui bandara internasional Adi Sumarmo pada Februari 2016 meningkat cukup signifikan. Wisman terbanyak berasal dari Malaysia.

“Total Wisman yang datang pada Februari mencapai 605 orang. Atau naik sekitar 30,11 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya (Januari),” ujar Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto kepada wartawan, Senin (11/4).

Dikatakan, jumlah wisatawan yang paling banyak berasal dari warga negara Malaysia, yaitu sekitar 469 orang. Disusul dengan warga negara Thailand sebanyak 10 orang, Brunei dan Inggris masing-masing 7 orang.

“Tingginya jumlah wisatawan yang datang ke Solo juga tidak lepas dari banyaknya even kota yang digelar. Salah satunya adalah even Solo Great Sale,” jelasnya.

Tingginya jumlah wisman yang datang, menurut Bagus turut mendongkrak tingkat penghunian kamar (TPK) hotel di Solo. Pasalnya selama Februari, TPK hotel berbintang rata-rata sebesar 41,71 persen.

“Angka itu jika dibanding bulan sebelumnya naik 5,92 persen. Karena TPK Januari hanya mencapai 39,38 persen,” tandasnya.

Sementara itu, untuk kenaikan TPK tertinggi terjadi pada klasifikasi hotel bintang empat  yang naik 47,09 persen. Sedangkan kenaikan TPK terendah terjadi pada klasifikasi bintang dua yang hanya 34,18 persen.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge