0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jalan Kaki Lebih Efektif Dibandingkan Olahraga Lain

Dok: Timlo.net/Mirror.co.uk
Jalan kaki. (Dok: Timlo.net/Mirror.co.uk)

Timlo.net—Ternyata berjalan santai selama setengah jam lebih baik dibandingkan berolahraga di tempat fitness untuk menurunkan berat badan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari the London School of Economics, melakukan jalan santai selama lima hari per minggu lebih efektif dibandingkan olahraga lain untuk menurunkan berat badan.

Jalan santai mengalahkan olahraga seperti berlari, berenang dan angkat beban selama orang berjalan cukup cepat untuk meningkatkan detak jantung dan berkeringat. Olahraga ini khususnya baik bagi wanita di segala usia. Penelitian itu mengungkapkan jika wanita yang kerap berjalan kaki mengalami penurunan lingkar pinggang rata-rata 4,3 cm. Sementara para pria turun lingkar pinggang rata-rata 3,3 cm. Orang yang berusia di atas 50 tahun merasakan lebih banyak manfaat dari olahraga ini dibandingkan mereka yang berada di bawah 50 tahun.

Penelitian sebelumnya menunjukkan jika berjalan kaki bisa mengurangi resiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes lebih efektif dibandingkan berlari. Dr. Grace Lordan berkata jika pembakaran kalori saat berjalan kaki lebih tinggi karena olahraga ini berlangsung konstan dan tidak terhenti.

“Jalan kaki mudah dilakukan. Anda perlu berjalan hingga nafas tersengal-sengal dan berkeringat,” terangnya.

Sekitar 50.000 orang yang ikut serta dalam penelitian ini. Mereka yang berjalan santai 30 menit, lima hari seminggu selama empat minggu mengalami penurunan indeks massa tubuh (IMB) hingga satu unit. Untuk wanita, penurunannya mencapai 1,8 unit.

Aktivitas lain yang dibandingkan dalam penelitian ini adalah berenang, bersepeda, berolahraga di tempat fitness, menari, berlari, jogging, sepak bola, rugby dan squash serta sit-ups.

Berjalan sembari belanja, mengepel lantai dan aktivitas berat lainnya seperti menggali, menebang pohon, memotong kayu, dan memindahkan barang berat juga diuji. Tapi tidak ada satupun yang mengalahkan berjalan kaki seperti biasa.

Sumber: Mirror.co.uk

 

 

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge