0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Robot Pelayan Dipecat Gara-Gara Tumpahkan Makanan dan Minuman

Dok: Timlo.net/ Mirror.co.uk
Robot pelayan. (Dok: Timlo.net/ Mirror.co.uk)

Timlo.net—Robot-robot pelayan restoran diharapkan menjadi terobosan teknologi terbaru untuk merevolusi industri jasa. Tapi rupanya harapan ini belum bisa terwujud dalam waktu dekat. Sebuah restoran memecat semua robot pelayan yang mereka miliki. Alasannya karena kualitas pelayanan para robot ini tidak sesuai harapan. Para robot itu kadang-kadang menumpahkan sup dan minuman saat mengantarkan menu pesanan pembeli.

Sebelumnya di Cina, ada tiga restoran yang memakai robot pelayan. Tapi menurut Workers’ Daily, dua restoran tutup dan restoran ketiga memecah semua robot pelayan yang mereka miliki.

“Para robot itu tidak bisa membawa sup atau makanan lain dengan seimbang, dan mereka sering rusak. Si bos memutuskan untuk tidak menggunakan mereka lagi,” kata seorang pegawai.

Batasan teknologi juga menjadi alasan yang jelas. “Mereka tidak bisa menanggapi pesanan pembeli atau menuangkan air panas untuk pembeli,” terang pegawai lain.

Walaupun begitu beberapa restoran lain masih bisa menggunakan robot-robot ini dengan baik, misalnya salah satu restoran di wilayah kota Shenyang, Cina.

Memperkerjakan para robot ini memerlukan biaya sekitar Rp 101 juta dan biaya lainnya termasuk biaya listrik dan reparasi. Tapi biaya ini dianggap lebih murah dibandingkan memperkerjakan tenaga manusia. Walaupun rupanya kurang efisien.

 

 

 

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge