0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Temuan Arca Bodhisatwa, Warga Pertanyakan Kompensasi

timlo.net/nanin
Penemu arca Budhisatwa di Teras, Boyolali, hingga saat ini belum menerima kompensasi dari BPCB Jateng (timlo.net/nanin)

Boyolali — Empat bulan lebih, paska penemun Arca Bodhisatwa, Dusun Ngares, Desa Kadireso, Teras, kompensasi yang dijanjikan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng, belum turun. Sang penemu, Supardianto, mengaku tak ada kabar.

“Dulu, BPCB datang ke rumah, katanya arca akan diteliti selama satu bulan, bila benar merupakan benda purbakala maka akan diberi kompensasi,” kata Supardianto, warga Doplang, Teras, Minggu (10/4).

Janji pemberian kompensasi tersebut, menurut Supardi, dilontarkan petugas BPCB saat mengambil arca temuan di rumahnya. Saat itu, Supardi juga diminta menandatanggani berita acara bermaterai. Pihaknya sudah mencoba menanyakan soal kompensasi ke BPCB namun dijawab arca masih dalam penelitian.

“Katanya sebulan, tapi ini dah empat bulan lebih,” ucapnya.

Disisi lain, petugas Pengkaji Cagar Budaya Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng, Wahyu Broto, mengakui masih melakukan penelitian. Selain itu, BPCB masih melakukan pengkajian terkait kompensasi yang akan diberikan penemu arca Bodhisatwa. Pemberian kompensasi kepada warga yang menemukan arca sudah sesuai dengan UU Nomor 11/2010 tentang Cagar Budaya.

“Kompensasi disesuaikan dengan anggaran dan mempertimbangkan nilai sejarah benda temuan tersebut,” ungkapnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

KEMBALI KE ATAS badge