0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tiga Jalur Evakuasi Gunung Merapi Rusak Parah

Kondisi jalur evakuasi bencana Gunung Merapi di Dusun Stabelan, Tlogolele, Selo, yang rusak (timlo.net/nanin)

Boyolali — Kondisi tiga jalur evakuasi bencana Gunung Merapi kian memprihatinkan. Selain rusak parah, aspal jalan juga banyak yang mengelupas. Tiga jalur evakuasi tersebut berada di Desa Tlogolele, Desa Jrakah Kecamatan Selo, dan Desa Semadoh, Kecamatan Musuk.

“Tahun ini perbaikan tiga jalur evakuasi tersebut menjadi prioritas,” kata Kabid Bina Marga DPU ESDM Boyolali, Nyoto, Minggu (10/4).

Dijelaskan, perbaikan tiga jalur evakuasi menjadi prioritas, sebagai antisipasi bila Gunung Merapi kembali mengalami erupsi sewaktu-waktu. Perbaikan jalur evakuasi tersebut rencananya akan dilakukan bulan ini. Nantinya, jalan akan diperbaiki dengan betonisasi, hal ini karena keterbatasan anggaran.

“Rata-rata perbaikan jalur evakuasi hanya di bawah Rp 200 Juta,” tambahnya.

Terkait kerusakan jalan di jalur evakuasi, menurut Nyoto, disebabkan truk-truk pasir yang melintas melebihi tonase. Meski jalan sudah rusak, namun sopir-sopir truk tetap nekat melintas. Akibatnya, kondisi jalan menjadi semakin rusak.

“Selain memang sejak erupsi 2010 lalu belum ada perbaikan sama sekali,” imbuhnya.

Salah satu warga Desa Tlogolele, Maryanto, mengaku mendukung rencana pemerintah tersebut. Diakui, jalur evakuasi di wilayahnya sudah tidak layak dilewati lagi. Selain aspal jalan mengelupas, juga terdapat banyak lubang.

“Secepatnyalah diperbaiki, warga sangat butuh akses jalan yang bagus,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge