0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pakar: Perangkat UNBK Terproteksi Secara Baik

Prof Dr Furqon Hidayatullah (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Perangkat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau Computer Base Test (CBT) telah terproteksi secara baik dan aman, terutama terkait kebocoran. Penyelenggaraanpun sudah optimal mulai dari pusat hingga tingkat satuan pendidikan di daerah, bahkan hingga sekolah-sekolah.

“Meskipun begitu, juga perlu waspada,” tandas pakar pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prof Dr Furqon Hidayatullah kepada wartawan, di Kampus UNS, Kentingan, Solo, Sabtu (9/4).

Furqon mengatakan, penyelenggara Ujian Nasional (UN) 2016 sudah optimal menerapkan sistem pengamanan untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan atau kebocoran soal-soal. Namun demikian musti tetap harus ada kewaspadaan terhadap semua celah yang kemungkinan dapat dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu yang tidak bertanggung jawab.

Karena itu, Furqon mengatakan, jika sempat terdengan adanya paket soal yang diduga merupakan bocoran, jangan langsung menyimpulkan telah terjadi kebocoran soal. Termasuk peserta juga jangan cepat percaya dan yakin terkait isu soal bocor.

Menurut Furqon, sekarang ini memang masih menggunakan dua cara, yakni UNBK (CBT) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas atau Paper Base Test (PBT). Tetapi ke depan Ujian Nasional Berbasis Komputer bisa dilaksanakan di semua sekolah. “Karena CBT lebih terproteksi,” ujarnya.

CBT ke depan diupayakan agar terlaksana di semua sekolah, kata Furqon, pemerintah hendaknya juga mendukung pelaksanaan UNBK secara seratus persen. Baik dana, sarana dan prasarana penyelenggaraan UNBK.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge