0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dana Desa Tahap Pertama Cair

Perbaikan saluran air dengan dana desa (nanang rahadian)

Karanganyar – Dana desa sebesar Rp 62,2 Miliar yang diperuntukkan bagi 162 desa segera cair. Masing-masing desa akan mendapat dana sekitar Rp 300 juta sampai dengan Rp 400 juta. Sedangkan Alokasi Dana Desa (ADD) yang didapatkan Kabupaten Karanganyar tahun ini sebesar Rp 103,8 Miliar.

“Tahap I sebesar 60 persen akan dicairkan sebesar Rp 62,2 Miliar yang diperuntukkan sejumlah 162 desa,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bappermades) Karanganyar Utomo Sidi Hidayat, Jumat (8/4).

Ia meminta pendamping desa agar tetap bertahan mendampingi di Kecamatan dan Desa karena keberadaan mereka benar-benar membantu. Kewenangan dana desa ada di Camat, uang yang diambil dari rekening desa memang harus digunakan sesuai dengan kegiatan desa.

“Begitu uang  masuk ke kas daerah, tujuh tujuh hari setelahnya harus sudah masuk ke rekening desa untuk segera digunakan untuk pembangunan maupun kegiatan desa lainnya yang sudah disusun sebelumnya,” imbuhnya.

Utomo Sidi menambahkan, penggunaan sumber daya masyarakat dan material di desa pengguna dana sangat dianjurkan dalam pengerjaan proyek bersumber Dana Desa.

”Supaya dana desa ini dimanfaatkan secara optimal. Beli pasir, semen, maupun memilih tenaga kuli bangunan dari lingkungan sekitar. Meski hal ini bukan perihal wajib, namun pak Bupati meminta langsung kepada panitia kegiatan seperti itu,” katanya.

Sementara itu, Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan, perlunya langkah-langkah pencegahan untuk menghindari penyalahgunaan dana desa. Ia mengatakan pencairan dana desa tahap II 40 persen akan direalisasikan pada bulan Agustus mendatang.

”Untuk itu saya minta tolong untuk diwaspadai kalau dana desa sudah masuk di rekening desa, jangan sampai dikeluarkan semua melainkan dikeluarkan sesuai dengan rencana kegiatan yang memang harus segera membutuhkan biaya,” tandas Bupati.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge