0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jadi Lokasi Tambang, 3 Sungai Kawasan Merapi Disurvei

Siungai di kawasan Gunung Merapi (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Untuk merealisasi wacana Pemerintah Provinsi Jateng tentang zona penambangan di sungai yang berada di kawasan Gunung Merapi, tiga sungai di wilayah Kecamatan Selo bakal disurvei. Tiga sungai tersebut, sungai Ladon, Juweh dan Kali Apu.

“Kita akan lakukan pengecekan di sungai mana yang berpotensi untuk penambangan rakyat,” kata Kepala DPU ESDM Boyolali, M Qodri, Jumat (8/4).

Selain DPU ESDM Boyolali, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM Provinsi, survei juga melibatkan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak, yang memiliki kewenangan atas tiga sungai tersebut. Survei sendiri rencananya akan dilakukan minggu depan dengan melakukan pengecekan langsung ke lokasi.

“Kenapa di tiga sungai itu, karena disitu marak dijadikan penambangan, baik yang manual maupun menggunakan alat berat,” tambahnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, saat melakukan sidak ke Selo, mewacanakan pembentukan zona penambangan di kawasan Merapi. Tujuanya, agar aktivitas pembangunan yang membutuhkan pasir dan batu tetap berjalan. Sementara infrastrukstur tidak rusak dan alam tetap terjaga. Di Kali Apu sendiri saat ini terdapat 3 ribu penambang manual.

“Kita juga rencanakan paguyuban penambang berbadan hukum sehingga bisa mengajukan bantuan ke pemerintah,” ujar Qodri.

Terpisah, Kades Klakah, Haryono, mengaku belum memahami secara detail penataan tambang rakyat di sungai di kawasan Merapi. Meski begitu, warga sudah siap mengikuti kebijakan pemerintah.

“Pembahasan baru ke rancangan kelompok penambang yang diminta berbadan hukum,” tandasnya ketika dikonfirmasi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge