0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sky Bridge Dibangun Tanpa Pembebasan Lahan

Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Soedrajat (dok.timlo.net)

Solo – Pembangunan jembatan layang (sky bridge) antara Stasiun Balapan dan Terminal Tirtonadi sudah memasuki tahap lelang. Pembangunan jalur penghubung antarmoda transportasi itu dipastikan tidak memerlukan pembebasan lahan.

“Sesuai desain kita, kita tidak menggunakan lahan masyarakat. Lahan yang dipakai semua milik PT. KAI (Kereta Api Indonesia) atau milik Pemerintah Kota (Pemkot) Solo,” kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Solo, Yosca Herman Sudrajat, Kamis (7/4).

Diakui, proyek yang menelan dana sebesar Rp 22 Miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) itu akan berdampak ke masyarakat di sekitar wilayah pembangunan. Namun hal itu sudah diantisipasi lewat koordinasi lintasinstansi.

“Kita sudah jalin komunikasi dengan dinas-dinas terkati seperti Dinas Pekerjaan Umum (DPU) tentang proyek ini,” kata dia.

Ia mencontohkan pembangunan sky bridge dimungkinkan mengganggu drainasi di wilayah pembangunan. Hal itu akan segera diperbaiki DPU sehingga tidak berdampak besar pada masyarakat.

“Biaya-biaya seperti itu nanti bisa kita masukkan ke anggaran penyesuaian,” kata dia.

Proyek sky bridge sendiri sedianya dilaksanakan akhir tahun lalu. Pembangunannya tertunda karena dampak ekonomi global yang memburuk sehingga harga dolar melonjak mencapai kisaran Rp 14 Ribu.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge