0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DPKS : Sekolah Peserta UNBK Harus Ditingkatkan

Ketua DPKS Joko Riyanto (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMA/K kedepan harus ditingkatkan, baik segi kualitas maupun kuantitas. Untuk UNBK 2016 ini belum semua SMA maupun SMK di Kota Solo mengikuti. Padahal keikutsertaan UNBK bermanfaat bagi sekolah maupun siswanya.

“Tahun depan, peserta UNBK di kota Solo harus ditingkatkan jumlahnya,” tandas Ketua Dewan Pendidikan Kota Surakarta (DPKS), Joko Riyanto, Kamis (7/4).

Joko mengatakan, sekarang ini pelaksanaan Ujian Nasional (UN) memang masih terbagi dua. Ada yang mengikuti Computer Base Test (CBT), tetapi ada pula yang Paper Base Test (PBT).

Diantara 35 SMA yang ada di kota Solo, sebanyak 19 SMA melaksana UNBK dan 16 SMA melaksanakan UN berbasis kertas. Sedang diantara 48 SMK, ada sebanyak 29 SMK yang melaksanakan UNBK, sedang sisanya yakni 19 SMK melaksanakan UN berbasis kertas.

“Kalau dihitung, memang sekolah yang melaksanakan UNBK memang sudah melebihi sekolah yang UN berbasis kertas. Tetapi kedepan, jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK harus ditingkatkan terus,” pintanya.

Menurut Joko, pelaksanaan UNBK bisa meminimalisir kebocoran, tidak perlu menyita banyak tenaga, bisa memanfaatkan teknologi komunikasi yang ada sesuai jamannya, dan sebagainya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge