0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pintu Limpasan WGM Dibuka

Pintu limpasan WGM Dibuka (tarmuji)

Wonogiri — Tingginya curah hujan yang masih tinggi di daerah aliran sungai (DAS), terpaksa pintu Limpasan Waduk Gajah Mungkur (WGM) dibuka. Padahal elevasi waduk masih di bawah batas ambang normal.

“Sekitar pukul 10.00 WIB, pintu Limpasan WGM kita buka,” ungkap Kepala Divisi Jasa Air dan Sumber Air (ASA) IV Perum Jasa Tirta I Wilayah Sungai Bengawan Solo, Erwando Rahmadi, Kamis(7/4)

Dikatakan, pembukaan sengaja dilakukan lantaran pertimbangan input air dari sejumlah daerah aliran sungai (DAS) yang bermuara ke WGM terlalu tinggi.

“Prinsip pintu itu dioperasikan karena pertimbangan teknis dan keamanan. Dimana muka air maksimum diharapkan tidak tidak tercapai lebih cepat atau lebih lambat dari polanya, yaitu awal Mei,” katanya.

Dijelaskan, pada saat dibuka, ketinggian muka air di dekat pintu air WGM, berada di level 135,70 meter diatas permukaan laut (mdpl). Angka tersebut masih berada di bawah batasan maksimum di level 136,00 mdpl.

“Jika tidak dibuka dikhawatirkan tanggul waduk bisa saja jebol, ” jelasnya.

Dia menambahkan, ada empat pintu limpasan, namun yang dibuka hanya dua pintu. Jika ditotal, termasuk pintu limpasan turbin PLTA sekitar 100 meter kubik per detik.

“Kita sudah koordinasi dengan semua pihak, terkait pembukaan pintu maupun nanti saat penutupan pintu limpasan, dan itu juga sudah sesuai SOP. Yang jelas WGM bukanlah penyebab utama banjir di Bengawan Solo,” tambahnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge