0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ngaku PNS, Djoko Tipu Sejumlah Orang

Gelar perkara penipuan (nanang rahadian)

Karanganyar – Djoko Santoso alias Djoko alias Ngadino (45) seorang PNS gadungan ditangkap aparat Polres Karanganyar. Warga Dukuh Blok Pathuk RT 6 RW 5 Ngampilan, Yogjakarta itu menipu sejumlah orang dengan modus bisa mencarikan pekerjaan namun dengan embel-embel sejumlah uang.

“Polisi menerima laporan dari Aloysius Gonzaga, warga Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, yang merasa ditipu oleh pelaku,” kata Kapolres Karanganyar AKBP Mahedi Surindra, Kamis (7/4)

Kapolres menjelaskan, korban dijanjikan menjadi karyawan Bank Jateng Cabang Sukoharjo. Namun setelah menyetorkan sejumlah uang dan berkas persyaratan kepada tersangka, janji itu tak kunjung terwujud.

“Tersangka adalah penipu lintas wilayah. Korbannya tersebar tidak hanya di Karanganyar, tapi juga di Semarang, Pati, Yogyakarta, Sragen dan Demak,” jelas Kapolres.

Dari tangan tersangka, polisi menyita barang bukti berupa satu stel seragam PNS khaki, kartu mahasiswa sementara UNS, kartu Korpri, kartu tanda anggota PGRI, pin Korpri, papan nama dada, serta ID card PNS Disbudpar Pemprov Jateng.

“Dalam aksinya, tersangka mengaku sebagai PNS. Padahal aslinya dia pengangguran. Saat kami tangkap pada 4 April lalu di Karangpandan, tersangka masih mengenakan seragam PNS,” tuturnya

Atas perbuatannya, tersangka dijerat pasal 378 KUHP tentang Penipuan.

“Ancaman hukumannya maksimal 4 tahun penjara,” imbuhnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge