0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PTKP Naik, Penerimaan Pajak Diprediksi Turun

foto: Setyo
pelayanan pajak (foto: Setyo)

Solo – Rencana pemerintah yang akan menaikkan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) sebesar 50 persen akan dapat mengurangi target penerimaan pajak pada 2016. Pasalnya dengan kenaikan tersebut, wajib pajak orang pribadi (OP) karyawan yang kena pajak akan semakin berkurang.

“PTKP yang berlaku saat ini kan Rp 3 Juta per bulan. Jadi jika akan dinaikkan 50 persen atau menjadi Rp 4,5 Juta per bulan, tentu setoran dari wajib pajak pasti akan berkurang,” ujar Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas (P2H) DJP Kanwil Jateng II, Basuki Rahmat kepada wartawan, Kamis (7/4).

Padahal menurut dia, kontribusi wajib pajak orang pribadi (OP) karyawan selama ini cukup dominan. Bahkan tahun lalu, sumbangan dari OP karyawan atau khususnya yang berasal dari komponen PPh 21 sekitar 40 persen dari total penerimaan pajak 2015.

“Jika nanti kebijakan itu diberlakukan, prediksi kita kalau tidak turun, ya pasti pertumbuhan penerimaan pajak akan melambat jika dibanding tahun sebelumnya,” jelas dia.

Untuk menyikapi rencana kebijakan itu, pihaknya akan terus meningkatkan penerimaan pajak dari unsur lain. Dalam hal ini adalah wajib pajak orang pribadi non karyawan dan juga potensi pajak dari industri.

“Karena selama ini wajib pajak OP non karyawan, khususnya di Kanwil DJP Jateng II masih sedikit atau hanya 60 Ribuan. Padahal potensi yang ada cukup besar,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge