0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Modus, Ijin Toko Kelontong tapi Prakteknya Toko Modern

dok.timlo.net/aditya wijaya
Satpol PP Klaten menempelkan SP1 di Indomaret yang terletak di Jalan Pemuda Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Dua dari 31 toko modern yang tidak mengantongi izin terbebas dari surat peringatan kedua (SP 2) oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Kabupaten Klaten. Pasalnya, kedua toko yang sebelumnya menerima SP 1 tersebut ternyata mengantongi izin perorangan.

“Dua toko itu lokasinya di Desa Belangwetan, Kecamatan Klaten Utara dan Desa Sabrang, Kecamatan Delanggu. Meski sudah  kita SP 1, ternyata izinnya perorangan atau CV (toko kelontong),” Kabid Penegakan Perda dan Perbup Satpol PP Klaten, Sugeng Santoso, Rabu (6/4).

Menurut dia, modus ‘nakal’ dua toko modern yang mengantongi izin usaha toko kelontong itu dari luar toko tampak seperti minimarket biasa, tanpa papan nama. Namun praktik di lapangan menjalankan usahanya layaknya toko modern. Mulai dari cat bangunan yang memiliki identitas, hingga para pelayannya yang berseragam toko modern.

“Pelayanan toko menggunakan sistem toko modern termasuk pelayannya juga berseragam toko modern berjejaring. Dalam waktu dekat kami validasi. Yang jelas, kami tertibkan dulu toko modern yang memang sama sekali belum memiliki izin,” ungkap Sugeng.

SP 1 sudah dilayangkan Satpol PP Klaten pada Selasa (29/3) lalu kepada 17 Alfamart dan 14 Indomaret yang tersebar dari Prambanan hingga Delanggu. Kemudian tersisa 29 toko modern tak berizin yang diberi tenggat waktu tiga hari. Sebab, mereka melanggar Perda Kabupaten Klaten no 12/2011 tentang penataan dan pembinaan pasar tradisional, pusat perbelanjaan dan toko modern.

”SP 2 berlaku sampai Jumat. Kalau masih belum punya izin, kena SP 3 selama tiga hari. Kalau sampai SP 3 tidak berizin, nanti kami komunikasikan dengan Bupati Klaten Sri Hartini sebelum eksekusi penutupan. Prinsipnya tidak boleh beroperasi sampai punya izin,” tegas Sugeng.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge