0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gali Lubang Septic Tank, eh… Temukan Belasan Granat

Police line terpasang di lokasi penemuan mortir di Dusun Kaligawe RT 02/06, Desa Sawahan, Kecamatan Juwiring, Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Hendak menggali lubang untuk membuat septic tank, Siswanto (30) warga Dusun Kaligawe RT 02/06, Desa Sawahan, Kecamatan Juwiring, Klaten malah menemukan belasan mortir. Diduga, senjata peledak yang masih aktif itu merupakan sisa peninggalan Perang Kemerdekaan.

“Ditemukannnya kemarin, Rabu (6/4), sekitar pukul 13.00 WIB saat Siswanto menggali tanah untuk dijadikan septic tank,” kata Kepala Dusun (Kadus) 1 Kaligawe, Sukamto, Kamis (7/4).

Melihat benda mencurigakan itu, diceritakan, Siswanto panik lantas menguburkannya kembali. Pagi harinya sekitar pukul 08.00 WIB, dia melaporkannya ke Komando Rayon Militer (Koramil) Pedan yang diteruskan ke Koramil Juwiring.

“Kemarin siang dia panik. Katanaya ada granat 13 buah dalam posisi berjajar dan tercecer. Tapi kondisinya sudah berkarat karena lama tertimbun di tanah. Setelah itu tadi pagi saya dikontak Babinsa Koramil Juwiring untuk mendatangi lokasi,” ujar Sukamto.

Kabar penemuan mortir itu menyedot perhatian puluhan warga. Akibatnya, police line dipasang di lokasi penemuan mortir. Selain itu, pasukan tim penjinak bom dari Brimob Sub Den 1 Detasemen C Pelopor Sukoharjo tengah melakukan penyisiran ulang untuk mencari tahu kemungkinan adanya barang serupa.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge