0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Stadion Manahan bakal Dikelola UPTD

dok.timlo.net/aryo yusri atmaja
Stadion Manahan Solo, jadi venue Liga Nusantara (dok.timlo.net/aryo yusri atmaja)

Solo — Revisi Perda No 9/2011 tentang Retribusi Daerah diyakini akan memperbaiki sistem pengelolaan retribusi Stadion Manahan Solo. Dalam revisi yang dilakukan terdapat regulasi pelarangan pengelolaan retribusi yang diserahkan kepada pihak ketiga.

“Jadi dari UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) langsung disetor ke kas daerah. Harapannya bisa lebih transparan,” terang Ketua Komisi IV DPRD Solo, Hartanti, Kamis (7/4).

Menurutnya, banyak masyarakat yang mengeluhkan terkait penarikan retribusi di Stadion Manahan Solo. Disisi lain, pengelolaan retribusi oleh pihak ketiga juga menjadi sorotan karena dikhawatirkan terjadi penyimpangan. Saat ini, kata Hartanti, Perda masih dievaluasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Jika nantinya telah disahkan, maka UPTD Sarana Prasarana Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo selaku pengelola Manahan wajib mengelola mandiri retribusi.

Sementara, Kepala UPTD Sarana Prasarana Olahraga Disdikpora, Heru Prayitno mengaku siap mengikuti aturan terbaru yang mengamanatkan retribusi dikelola UPTD. Menurutnya, pengelolaan sejumlah retribusi selama ini terpaksa melalui pihak ketiga karena keterbatasan personel.

“Dengan perubahan Perda nanti otomatis kami perlu mengajukan tenaga kontrak baru,” ujarnya.

Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber menyebutkan, evaluasi perda No 9/2011 yang dilakukan oleh Gubernur akan rampung pada bulan ini. Setelah rampung dilakukan evaluasi, maka revisi perda perlu diikuti dengan SK Wali Kota terkait waktu dan penerapan aturan.

Penerapan aturan terbaru di Manahan paling realistis dilakukan tahun depan. Wujud nyata yang dilakukan tersebut untuk menjawab keluhan dari masyarakat yang merasa terbebani dengan dua kali penarikan retribusi yakni biaya masuk dan parkir Stadion Manahan Solo.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge