0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

25 Ton Gula Pasir Tanpa SNI dan Ijin Edar Disita

25 Ton gula ilegal di Medan (merdeka.com)

Timlo.net — Polisi menyita 25 ton gula asal Sumatera Barat. Gula itu tidak dilengkapi ijin edar dan tanda SNI.

“Kita menyita 25 ton gula ini dari gudang di Kecamatan Tebing Tinggi, Serdang Bedagai pada Jumat (1/4) dan sebuah gudang di Kota Medan pada Senin (4/4),” kata kata Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumut, Kombes Pol Ahmad Haydar, Rabu (6/4).

Keberadaan gula tanpa SNI dan ijin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan terungkap, setelah petugas mendapatkan informasi dari masyarakat. Saat ditelusuri, petugas kemudian menggeledah sebuah gudang di Serdang Bedagai.

Di gudang itu, petugas menemukan 500 kotak bertuliskan “Gula Tebu Pilihan Berlian Jaya”. Di setiap kotak terdapat 20 bungkus gula. Setiap bungkus berisi satu kilogram gula. Total yang ditemukan kemudian disita yakni sepuluh ton.

Petugas kemudian melakukan pengembangan. Mereka menemukan gudang di Kota Medan yang menyimpan 755 kotak gula. Total gula ditemukan sekitar 15 ton.

“Gula ini tak ada ijin dan SNI. Konsumen pasti dirugikan,” imbuh Haydar.

Polisi telah memeriksa saksi terkait kasus ini, yaitu pemilik gula berinisial A dan AJ.

“Saksi masih kami periksa,” tambah Haydar.

Selanjutnya, Polda Sumut akan berkoordinasi dengan Badan POM. Sementara gula yang ditemukan akan diuji di laboratorium.

Dalam kasus ini, polisi menduga ada pasal dilanggar, yaitu Pasal 120 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian serta Pasal 62 ayat (1) juncto Pasal 8 ayat (1) Undang-Undang 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen.

[ary]

Sumber : merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge