0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNBK Lebih Menguntungkan, Ini Alasannya

agung widodo
(agung widodo)

Sragen — Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Sragen merupakan salah satu sekolah yang menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau sistem online. UNBK ini dinilai lebih mudah dan menguntungkan siswa.

“Ini lebih menguntungkan siswa, karena mereka tidak perlu melingkari jawaban dengan ketebalan tertentu yang mereka kawatirkan akan tidak terdeteksi oleh alat pengoreksi,” kata Kepala SMKN 2 Sragen, Sugiyarso, Rabu (6/4).

Selain itu dengan mengerjakan secara online membuat para peserta ujian lebih tenang lantaran tidak harus berpikir jawabanya tak terbaca di mesin koreksi. Sistem ini juga dinilai lebih efektif dan tidak memakan banyak waktu untuk memberikan jawaban.

Namun demikian pihaknya juga merasa kawatir kalau terjadi halangan atau gangguan di saat pengerjaan ujian. Seperti terjadinya mati lampu atau gangguan listrik.

“Segala antisipasi telah kami lakukan dengan berkoordinasi dengan pihak PLN Sragen serta menyediakan alat genset bila sewaktu-waktu terdapat gangguan pada listrik,” katanya.

Menurutnya, UN di SMKN 2 Sragen diikuti oleh 527 siswa. Semestinya ada 530 siswa yang ikut ujian. Namun 2 siswi meninggal dunia karena kecelakaan dan satu siswa lagi sedang sakit.

Pelaksanaan ujian sendiri terbagi menjadi 4 seasen yang masing masing seasen ada 6 kelas atau kejuruan yaitu, TKBB (Tehnik Konstruksi Bangunan Beton), TKK (Tehnik Kriya Kayu), TIPTL (Tehnik Instalasi Penggunaan Tenaga Listrik), TP (Tehnik Permesinan), TKR (Tehnik Kendaraan Ringan) da TKJ (Tehnik Komputer dan Jaringan).

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge