0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

MCB Listrik Meledak, Pegawai Dishub Berhamburan Keluar

foto: Rosyid
Salah seorang pegawai Dishubkominfo memutuskan arus listrik dari tiang ke jaringan listrik gedung. (foto: Rosyid)

Solo – Puluhan pegawai dan karyawan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) kota mendadak berhamburan keluar setelah mendengar ledakan beberapa kali. Ledakan tersebut bersumber dari Manual Circuit Breaker (MCB) di pojok Tenggara gedung utama yang menghubungkan tiang listik ke instalasi listrik bangunan.

“Awalnya saya kira itu suara knalpot motor yang bermasalah. Lha kok tiba-tiba listrik padam,” kata Kepala Dishubkominfo, Yosca Herman Sudrajat, Kamis (6/4)

Sebelumnya, beberapa pegawai Dishubkominfo sempat curiga dengan bau gosong yang tercium di sekitar lokasi kejadian. Sekitar pukul 15.30 WIB, suara ledakan beberapa kali terdengar cukup keras diikuti percikan api dari MCB. Semakin lama suara ledakan semakin keras dan api pun mulai menyala.

Beruntung, salah seorang petugas sigap dan segera memadamakan api dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Kendaraan bermotor dan mobil di sekitar MCB yang terbakar pun segera dipindahkan ke tempat yang lebih aman.

“Penyebabnya apa kita belum tahu pasti. Bisa jadi karena korslet. Tapi kalau kelebihan beban tidak mungkin karena penggunaan listrik kita tidak pernah over,” kata dia.

Kendati telah padam, MCB tersebut masih sempat memercikkan api beberapa kali disertai ledakan-ledakan kecil. Seorang petugas menggunakan mobil crane untuk memutuskan kabel di atap gedung yang langsung terhubung ke tiang listrik sehingga percikan api tidak lagi terjadi.

Akibat peristiwa tersebut kegiatan di Dishubkominfo sempat terganggu karena listrik baru menyala sekitar pukul 17.00 WIB. Para pegawai dan petugas pun sudah pulang sebelum listrik sempat menyala kembali.

“Ini tadi memang sedang rapat. Tapi listrik mati begini mau bagaimana lagi,” tuturnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge