0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Toko Modern Bodong di SP2, KPMPT Tidak Ngoyo Kejar Ijin

dok.timlo.net/aditya wijaya
Satpol PP Klaten menempelkan SP1 di Indomaret yang terletak di Jalan Pemuda Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Kantor Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu (KPMPT) Klaten tidak akan mengejar manajemen puluhan toko modern berjejaring bodong untuk melengkapi ijin operasional. Hal itu menyusul diterbitkannya surat peringatan kedua (SP2) oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP.

“Tidak akan kami kejar. Kalau mengajukan ya kita terima. Kalau ada peluang kita ijinkan, kalau tidak ya tidak,” ujar Kepala Seksi Perijinan KPMPT Klaten, Susilo, Rabu (6/4).

Dari 31 Alfamart maupun Indomaret bodong yang menerima SP1 pada pekan lalu, ada dua manajemen toko modern yang sudah mengajukan ijin. Sehingga mulai Rabu-Jumat (6-8/4), Satpol PP melayangkan SP2 dan memberikan waktu tiga hari terhadap 29 toko modern bodong itu.

Diungkapkan, dari jumlah itu, ada tujuh toko modern berjajaring yang berpotensi mendapat ijin operasional. Pasalnya, lokasi berdirinya sesuai Perda Kabupaten Klaten no 12/2011 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern.

“Yang berpotensi agak aman ada tujuh, tapi sampai sekarang belum ada ijin dari pemohon. Karena sesuai Perda (no12/2011) jarak dari pasar tradisional 2,5 kilometer. Kalau jarak dari jalan Provinsi atau Nasional, 500 meter masih diperbolehkan,” ungkap Susilo.

Terpisah, Sekretaris Satpol PP Klaten, Rabiman, menyatakan, pengurusan ijin seharusnya sudah dilakukan sejak terbitnya peringatan lisan dan diberikan waktu 15 hari, sebelum SP 1 keluar. Pekan lalu pihaknya juga sudah melayangkan surat SP 1 tersebut ke kantor pengelola Indomaret di Yogjakarta, dan Alfamart di Delanggu.

“Berdasarkan keterangan KPMPT, diperlukan waktu sekitar 14 hari untuk mengurus ijin toko. Kami hanya menegakkan Perda, kalau memang sampai batas waktu yang diberikan belum mengantongi ijin, ya terpaksa kita tutup,” tegas Rabiman.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge