0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengiriman Narkoba dari Nigeria Digagalkan

kurir dan otak pengedar narkoba berhasil diamankan (foto: Heru)

Solo – Tindak pidana penyelundupan Sabu-sabu seberat 602 gram berhasil digagalkan oleh jajaran Bea Cukai Solo. Shabu senilai Rp 1,2 Miliar ini dikirimkan melalui PT Pos Indonesia dari Nigeria, ke salah satu alamat di Solo.

“Awalnya kami curiga adanya kiriman barang berupa manequin dari Nigeria. Setelah dilakukan pemeriksaan dengan narcotest, barang tersebut adalah kristalĀ  senyawa organik dari jenis Menthamphetamin HCL (sabu-sabu). Barang itu disembunyikan didalam leher manekin boneka,” ujar kepala kantor Bea Cukai Solo, Yosef Hendriansyah, Rabu (6/4).

Kemudian, petugas dari tim Customs Narcotic kantor Bea Cukai Solo bekerja sama dengan kantor pos dan Bareskrim Mabes Polri menangkap YAS, warga Karanganyar sebagai penerima paket. Dari hasil pengembangan hasil penyelidikan, petugas berhasil menangkap tiga orang yakni NA, IJRIT, dan AR, yang diduga sebagai otak pelaku pengiriman barang haram tersebut.

Pengiriman ini diduga melibatkan jaringan narkotika internasional yang masih dalam pengembangan petugas. Ditambahkan, bahwa penyelundupan dengan motif ini baru pertama kali terjadi di Kota Bengawan.

Diharapkan petugas semakin teliti dalam melakukan pemeriksaan terhadap barang kiriman paket, terutama yang diindikasi digunakan untuk pengiriman narkoba.

“Gagalnya penyelundupan ini artinya kita bisa menyelamatkan sekitar 4.816 nyawa. Hal ini jika diasumsikan satu gram dikonsumsi oleh delapan orang,” jelas dia.

Para tersangka bakal dijerat pasal 102 huruf e Undang-Undang (UU) nomor 17 tahun 2006 tentang perubahan atas UU nomor 10 tahun 1995 tentang Kepabeanan dan pasal 113 ayat 2 Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge