0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Arca Mahakala kembali Ditemukan di Gunung Wijil

dok.timlo.net/nanin
Arca Mahakala atau penjaga pintu candi ditemukan di lokasi pengalian situs purbakala di Dukuh Gunung Wijil, Desa Giriroto, Ngemplak, Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Upaya penggalian lokasi temuan arca dan situs candi di Dukuh Gunung Wijil, Desa Giriroto, Ngemplak, Boyolali kembali membuahkan hasil. Sebuah arca Mahakala kembali ditemukan di lokasi yang sama dengan dua arca sebelumnya. Arca Mahakala ditemukan di kedalaman 30 cm. Lokasi temuan kemungkinan dulunya ada komplek candi.

“Arca Mahakala berfungsi sebagai penjaga pintu candi, peninggalan kebudayaan Hindu Siwa,” kata Ketua Tim Penggalian BPCB Jateng, Junawa, Rabu (6/4).

Temuan arca yang ketiga kalinya ini, menurut Junawan, kemungkinan masih ada arca-arca lain yang masih terpendam. Pasalnya, sebuah candi biasaya memiliki delapan dewa penjaga pintu. Terkait peninggalan Hindu siwa, hal ini dibuktikan dengan temuan lingga-yoni. Dimana lingga dan yoni dalam konsep kepercayaan Hindu merupakan perwujudan dari Dewi Parwati dan Dewa Siwa.

“Sayang, yoninya sudah terpecah belah sedang lingganya sudah lama hilang,” tambahnya.

Sementara terkait dengan situs candi, pengalian saat ini sudah mencapai kaki candi. Ukuran kaki candi tersebut sepanjang 5 x 5 meter dengan tinggi kaki candi 1,5 meter. Dari dua titik situs candi tersebut, salah satunya merupakan candi merupakan candi induk, sedang satunya lagi adalah candi perwara atau candi pendamping.

“Dulunya kemungkinan komplek candi, dengan posisi candi saling berhadap-hadapan,” imbuhnya.

Kades Giriroto, Purwanto, tetap berharap temuan benda purbakala dan situs candi bisa dikelola desa. Dimana nantinya untuk pengembangan Desa Giriroto, yang juga tempat kelahiran Presiden Jokowi, sebagai tempat wisata.

“Paling tidak, Giriroto yang berada di ujung utara Ngemlak bisa lebih berkembang,” pungkasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge