0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perempuan Indonesia Disuruh Turun dari Pesawat Gara-gara Pakai Kursi Roda

merdeka.com
Dwi Ariyani (merdeka.com)

Timlo.net – Perlakuan tidak menyenangkan dialami perempuan asal Indonesia, Dwi Ariyani (36), saat naik Etihad Airways jurusan Jakarta -Jenewa. Dia diminta turun dari pesawat gara-gara pakai kursi roda.

Dwi menceritakan pada Sabtu (3/4), sekitar pukul jam 20.00 WIB, tiba di Bandara Soekarno-Hatta dari Solo. Setelah itu Dwi akan melanjutkan penerbangan ke Abu Dhabi dan lanjut ke Geneva dengan maskapai Etihad.

Pukul 22.00 WIB, Dwi check in di counter Etihad dan memberitahu petugas butuh kursi roda khusus untuk masuk ke kabin pesawat. Petugas membantu dan tak mempermasalahkan dengan terbang dengan nomor penerbangan EY 471 ke Abu Dhabi dan EY 51 ke Geneva.

“Saya mendapat undangan dari International Disability Alliance untuk mengikuti training pendalaman CRPD (Konvensi hak-Hak Penyandang Disabilitas) di kantor PBB di Geneva,” ujar Dwi yang diunggah oleh akun facebook suaminya, Yonnasfi Jambak.

Lalu, pada pukul 00.20 WIB, Dwi mengaku diminta boarding dan diantar petugas ground staff masuk ke pesawat. Selang beberapa menit setelah masuk pesawat, Dwi ditanya pimpinan kru apakah bisa mengevakuasi diri saat terjadi kecelakaan.

“Saya sampaikan akan butuh untuk dibantu,” tuturnya.

Beberapa saat kemudian datang lagi Airport Operations Officer, Abrar Dia. Dia menanyakan apakah Dwi bisa berjalan.

“Saya sampaikan bisa dengan pegangan tetapi sangat pelan. Lalu beliau menyampaikan bahwa menurut crew cabin saya tidak bisa terbang karena saya tidak membawa pendamping,” ungkap Dwi kaget mendengar itu.

Kemudian, Dwi sempat mempertanyakan hal itu kepada pimpinan crew cabin yang pertama bertanya dengannya. Lagi-lagi Dwi mendapat jawaban yang tidak mengenakan.

“Saya tidak bisa melakukan evakuasi sendiri, mereka meminta saya untuk turun dari pesawat,” katanya.

“Saya sudah menjelaskan bahwa saya sering pergi sendiri dan tidak masalah, tetapi mereka tetap beralasan ini adalah peraturan keamanan pesawat dan mereka minta saya untuk turun dari pesawat,” tandasnya.

[did]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge