0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

2017, Semua Sekolah di Wonogiri Diusulkan Ikut UNBK

dok.timlo.net/tarmuji
Kepala Dinas Pendidikan Wonogiri Siswanto (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Meningkatnya animo siswa dengan diberlakukan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun ini menjadi evaluasi Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri. Bahkan, tahun depan (2017) diharapkan semua sekolah menerapkan sistem UNBK.

“Tahun ini (2016)  ada 10  sekolah, meliputi 2 SMP, 3 SMA dan 5 SMK yang menggelar UNBK, tahun depan kita usulkan sistem ini sudah bisa dilaksanakan di semua sekolah,” jelas Kepala Disdik Wonogiri, Siswanto, Rabu (6/4).

Menurutnya, selama tiga hari ini pelaksanaan UN di daerahnya berjalan relatif aman, lancar dan sukses tanpa gejolak.

“Banyak siswa yang baru pertama kali  mengikuti UNBK ketika ditanya umumnya menyampaikan kesan mereka lebih enjoi dan senang mengikuti UNBK, bahkan lebih mudah ketimbang waktu uji coba UNBK,” katanya.

Dikatakan, untuk menggelar UNBK, salah satu syaratnya adalah nilai rata-rata siswa di sekolah itu 7,0 serta mampu menyiapkan sedikitnya 80 komputer. Sedang di Wonogiri, ada sekitar 16 SMPN dan 12 SMAN yang sudah layak menyelenggarakan UNBK.

“Data tersebut akan kami usulkan ke pusat (Kemendikbud) untuk diverifikasi sebagai calon peserta UNBK tahun ajaran 2016/2017,” katanya.

Kepala SMA Negeri 1 Wonogiri Yuli Bangun Nursanti menambahkan, sebanyak  308 muridnya terlibat UNBK tanpa ada yang absen. Dengan program ‘one day service’ (ODS) sekolah favorit di Wonogiri ini selalu memberikan les khusus bagi peserta didik dalam menghadapi ujian hari berikutnya.

“Ternyata animo anak-anak cukup besar, hampir 90 persen, dan mereka lebih menyukai UNBK,” tambahnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge