0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengelolaan Sampah TPA Putri Cempo, Pemkot Tetap Siapkan Lelang

dok.timlo.net/dhefi
TPA Putri Cempo, Mojosongo, Solo (dok.timlo.net/dhefi)

Solo – Pemkot tetap merealisasikan lelang pengelolaan sampah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo untuk dijadikan energi listrik dalam waktu dekat ini. Sejauh ini, telah ada dua investor yang telah melengkapi proses administrasi.

“Proyek ini kan sebenarnya sudah ada sejak tiga tahun silam. Kalau sampai saat ini tidak dilaksanakan, kan ya muspro,” terang Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Selasa (5/4).

Untuk itu, lanjut Rudi, nantinya Pemkot akan meneruskan proyek pengelolaan sampah bersama dengan investor yang terpilih dalam proses pelaksanaan lelang. Baru, nantinya sampah yang ada di Putri Cempo bisa diolah menjadi energi listrik. Selanjutnya, proyek pengelolaan sampah ini diintegrasikan dengan penunjukan pemerintah pusat untuk pembangunan pembangkit listrik berbasis sampah.

”Kita tetap akan melaksanakan proyek pengelolaan sampah bersama investor. Sebab kita masih bisa menghabiskan sampah yang ada di TPA Putri Cempo dulu. Tapi tetap saja kita tidak menggunakan tipping fee,” ungkap Rudi.

Jika sampah di Putri Cempo mulai menipis, barulah ampah dari daerah lain yang ada di eks karesidenan Surakarta digunakan. Namun saat ini permasalahannya adalah untuk mengangkut sampah ini masih belum ada sarana yang memadai. Maka dari itu Pemkot akan tetap berkoordinasi dengan daerah lain dulu melalui Pemprov Jateng.

”Kalau sementara ini, kerjasama dengan investor akan menggunakan 250 ton sampah yang dihasilkan Pemkot Solo dulu. Kalau nantinya kerjasama dengan daerah lain sudah berjalan, maka kapasitas sampah yang dikelola bisa ditingkatkan menajdi 1.000 ton sesuai dengan wacana dari pemerintah pusat,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge