0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dorong Swasembada Gula, Lahan Karet akan Ditanami Tebu

setyo puji s
Direktur Keuangan PTPN IX, Herry Triyatno (setyo puji s)

Solo – PT Perkebunan Nusantara IX siap mendorong program pemerintah dalam meningkatkan swasembada gula dalam negeri. Salah satu upayanya adalah dengan melakukan konversi sebagian tanaman karet menjadi tebu.

“Pada pertengahan tahun ini, rencana kita akan mengalihfungsikan sebagian tanaman karet yang sudah tua dan tidak produktif menjadi tebu. Tujuanya agar produksi gula dapat meningkat,” ujar Direktur Keuangan PTPN IX, Herry Triyatno kepada wartawan, Selasa (5/4).

Dikatakan dia, PTPN IX saat ini memiliki lahan sekitar 32 ribu hektar. Namun sebagian besar dari lahan itu digunakan untuk menanam karet, kopi, teh, holtikultura dan kayu-kayuan.Oleh karena itu dengan upaya konversi yang akan dilakukan nanti, harapannya bisa mendongkrak produksi gula.

“Apalagi harga karet dipasar dunia sekarang terus merosot, atau dari 4 dolar AS per kilogram menjadi 1 dolar AS per kilogram, tentu jika dibiarkan bisa rugi,” jelasnya.

Dengan adanya program terobosan yang dilakukan itu, pihaknya menargetkan kapasitas produksi gula dalam negeri bisa meningkat dua kali lipat pada tahun ini.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge