0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PTPN IX Digelontori APBN Untuk Perbaikan Mesin

setyo puji s
Direktur Keuangan PTPN IX, Herry Triyatno (setyo puji s)

Solo – PT Perkebunan Nusantara IX mendapatkan tambahan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) pada 2016. Gelontoran dana tersebut diberikan untuk merevitalisasi mesin, agar dapat meningkatkan kapasitas produksi gula di dalam negeri.

“Tahun ini kita mendapatkan tambahan dana dari pemerintah sekitar Rp 1 Triliun. Melalui dana tersebut rencananya akan kita gunakan untuk memperbaiki mesin produksi gula,” ujar Direktur Keuangan PTPN IX, Herry Triyatno kepada wartawan, Selasa (5/4).

Diakui dia, saat ini kapasitas produksi gula di PTPN IX masih minim. Hal itu dikarenakan, mesin produksi yang digunakan sudah cukup tua sehingga dianggap tidak cukup efisien. Oleh karena itu, anggaran tersebut diberikan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas produksi agar ada perbaikan.

“Tahun lalu kita berhasil memproduksi gula sekitar 34 Ribu ton. Tahun ini target kita bisa meningkat, atau setidaknya mendekati angka 50 Ribu ton,” jelasnya.

Selain melakukan perbaikan mesin produksi, Herry juga menyampaikan akan memperluas lahan untuk penanaman tebu. Karena dari total lahan yang dimiliki PTPN IX saat ini, kebanyakan untuk menanam kopi, karet, teh dan tanaman holtikultura lainya.

“Dari lahan 32 Ribu hektare yang kita punya, hanya 170 hektare yang kita gunakan untuk menanam tebu. Oleh karena itu, kedepan akan kita lakukan konversi sebagian lahan karet yang kita punya untuk diganti menjadi tebu,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge