0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waspada! Penyalahgunaan Obat Meningkat Pesat

Para anggota TNI yang akan menjadi penyuluh narkoba foto bersama usai pembekalan (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Tingkat pengguna narkotika dan obat-obatan terlarang (Narkoba) di Jawa Tengah terus meningkat dari tahun ke tahun. Tahun 2014 sekitar 1,89 persen dari jumlah penduduk di Jateng, tahun 2015 naik menjadi 1,96 persen.

“Memang mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya, untuk 2015 relevansi sekitar 1,96 persen atau sekitar 600 ribu orang penyalahguna narkotika dan obat-obatan terlarang,” kata Kasi Pencegahan BNNP Jateng, Jamaludin Ma’ruf, Selasa (5/4).

Naiknya jumlah penyalahguna Narkoba ini juga diiringi bergesernya pelaku dalam mengonsumsi Narkoba dan obat-obatan. Jika pada sebelumnya masih didominasi ganja dan sabu, untuk saat ini mulai bergeser ke obat-obatan legal dengan kandungan zat penenang dan dikonsumsi melebihi dosis.

Hal ini dikarenakan obat-obat seperti obat batuk mudah dan murah untuk mendapatkannya. Padahal zat yang terkandung di dalamnya mempunyai efek sama dengan mempengaruhi syaraf pusat.

“Yang kta harus waspadai, penggunaan obat legal namun melebihi dosis, efeknya kurang lebih sama, sehingga untuk toko dan apotek kami himbau agar tidak sekadar obatnya laku, harus diwaspadai sejak dini,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge