0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gugat Pemkab Boyolali, Kades Guwokajen Menang

Asisten 1 Setda Boyolali, Untung Rahardja (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang mengabulkan gugatan Kades Guwokajen, Sawit, Budi Raharjo, terhadap Pemkab Boyolali. Sebelumnya Kades Guwokajen diberhentikan dari jabatanya karena terjerat tindak pidana kriminal. Pemkab Boyolali sendiri diberi waktu 14 hari terkait putusan Majelis Hakim PTUN.

“Kita belum mengambil sikap, masih dalam pembahasan apakah menerima putusan atau mengajukan banding,” kata Asisten 1 Setda Boyolali, Untung Rahardja, Selasa (5/4).

Dijelaskan, jika mengajukan banding, maka bisa dilakukan ke PTTUN Surabaya. Namun jika menerima putusan, maka pemkab wajib merehabilitasi nama baik penggugat, Budi Raharjo. Sekaligus mengembalikan jabatan Kades Guwokajen.

Dalam putusan PTUN Semarang, pihak tergugat dinyatakan tidak memiliki kewenangan memecat penggugat. Pasalnya, ancaman hukuman yang diterima tergugat dalam kasus kriminal maksimal hanya 4 tahun saja.

“Ketentuanya bila ancaman hukumannya 5 tahun,” ujar Untung.

Sebelumnya, Pemkab Boyolali juga pernah kalah saat menghadapi gugatan peternak ayam di Boyolali. Pemkab di gugat peternak ayam karena tidak memberikan ijin peternakan dan menutup kandang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge